WP 195 Cara ngehapus e-mail dari Gmail dalam Android

Ketika saya masukin aplikasi Gmail ke dalam pesawat Android saya, semua e-mail yang saya kirim dan terima ikut masuk. Bukan yang baru saja, tapi semua termasuk yang sudah kadaluarsa (sejak taun 2011) ikut masuk. Padahal maksud saya si Android sekedar buat ngirim e-mail doang. Itu pun cuman sekali-kali aja.

Akibatnya SD card dalam Android saya penuh sesak hingga gak bisa muat aplikasi baru. Jengkelin kan? Icon tempat Gmail disimpan tampak pada ujung panah merah.

Begitu dibuka, jumlah e-mail ada ribuan. Mau dihapus satu persatu kapan selesainya? Meskipun semangat saya rasanya masih muda, tapi punggung saya yang udah tua bisa bongkok dibikinnya!

Jadi saya coba Googling. Rupanya bukan saya saja yang ngalami masalah serupa. Untung ada yang kasi solusinya. Katanya setiap e-mail yang sudah dikirim, maupun yang sudah diterima ditekan agak lama (panah biru), sehingga timbul tanda V di depannya (panah merah). Setelah sejumlah e-mail terconteng, baru kita hapus dengan tekan icon tong sampah yang ada di atasnya (panah hijau). Lumayan juga.

Tapi buat saya masih terlalu lama. Begitulah sifat manusia langka yang kagak sabaran! Jadi saya coba raba kotak segi empat yang berisi satu atawa dua huruf di depannya (panah kuning). Eh, dengan seketika tanda V muncul. Jadi malah jauh lebih cepat!

 

Setelah saya hapus semua, tampak gambar berikut:

Tapi meski tampak orang lagi nyengir, jangan gembira dulu, karena ketika saya buka kembali Gmail, ternyata dalam Trash masih tampak angka 999+. Begitu saya buka, ternyata ada 2964 trash yang masih tersimpan. Jadi kerjaan saya belon tuntas.

Iseng-iseng aku tekan icon yang ada di kiri bawah Android (panah merah)

Bener aja, semua trash dapat saya hapus. Dengan demikian, SD card saya dapat memuat aplikasi-aplikasi baru.

Perlu diketahui, bahwa setiap kita pergunakan suatu aplikasi, pasti akan terkumpul sampah yang disebut sebagai “junk files”. Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan aplikasi “360 Security” dan / atau “Apps Boost”.

Silahkan coba. Semoga info ini bermanfaat.

2 thoughts on “WP 195 Cara ngehapus e-mail dari Gmail dalam Android

Leave a Reply

