WP 198 Getuk Lindri

Karena pas punya singkong 1 kilo lebih, saya coba bikin getuk lindri. Yang saya gunakan 5 ons saja, buat sebagian dibawa ke tempat tetangga yang pada hari Minggu pagi kami suka kumpul-kumpul sambil kongkow-kongkow.

Jadi 5 ons singkong saya rebus hingga lumat. Seharusnya sih dikukus saya. Soalnya saya malas ngulek lagi.

Gitu matang saya tiriskan, kemudian sewaktu masih panas saya tambahkan 1 ons gula pasir, 1 sdt garam, ½ sdt bubuk vanilli dan 4 sdm kelapa parut yang sudah dikukus. Tentunya sumbu singkong sudah saya buang.

Sengaja saya tempatkan di panci aluminiun dan lumatkan dengan centong kayu. Kenapa saya tidak gunakan bahan dari plastik? Soalnya benda plastik kalau kena bahan yang panas akan mengeluarkan zat yang bisa nyebabkan kanker.

Setelah lumat, saya tambahkan zat pewarna kue barang 3 tetes. Kemudian saya aduk lagi.

Karena singkongnya terlalu lama direbus, maka hasilnya agak lembek. Tapi tak masalah. Dengan memanaskan lagi dengan api kecil, sambil diaduk supaya tidak gosong, adonan bisa jadi kental.

Kemudian saya biarkan dingin dulu, sebelum saya cetak dengan semprotan kue yang dari plastik. Jelaskan kenapa saya tunggu dingin dulu?

Setelah saya cetak di atas kertas kue pengganti daun pisang yang malas saya petik karena hujan, saya taburi parutan kelapa yang sudah dikukus dan ditambahi garam secukupnya. Kelapa parut harus dikukus dulu, supaya bila ada kuman dapat dimuskahkan. Logis kan?

Hasilnya adalah 15 getuk lindri dengan ukuran agak besar dan 6 saya bawa ke tetangga. Sisanya buat anak, istri dan para cucu.

Seperti biasa cemilan buatan saya tidak tahan lama. Sebentar saja habis.

Ada yang mau nyoba bikin?

4 thoughts on “WP 198 Getuk Lindri

Leave a Reply

