WP 199 Cara Memasang Aplikasi BBM pada Android atau Tablet

Pada awalnya aplikasi BBM (Black Berry Message) merupakan aplikasi khusus untuk Blackberry. Namun sejak beberapa tahun lalu aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan pada perangkat Android dan Tablet. Memang pada awalnya aplikasi ini masih menimbulkan permasalahan ketika dipergunakan pada Android atau Tablet, sehingga banyak orang jadi jera. Namun versi yang terkini sudah dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Bila perangkat yang ada pada anda hanya Android atau Tablet, maka untuk memasang aplikasi BBM tidak ada masalah.

Tapi bila anda sudah punya perangkat Blackberry kemudian mau memasang aplikasi BBM pada perangkat Android atau Tablet, maka anda harus hati-hati!

Soalnya aplikasi BBM terkait dengan alamat e-mail tertentu. Bila anda mau memasang BBM ke dalam Android atau Tablet dengan alamat e-mail yang dipergunakan pada BBM dalam Blackberry anda, maka pada tahap akhir pemasangan anga akan ditanya apa mau memindahkan aplikasi BBM ke dalam Android atau Tablet anda. Bila anda setujui, maka semua aplikasi dan data BBM dalam Blackberry anda akan tersedot ke dalam Android atau Tablet anda.

Nah, jadi untuk setiap perangkat yang ingin anda pasang BBM, anda harus menyediakan alamat e-mail tersendiri.

Setelah itu anda harus download aplikasi BBM ke dalam perangkat baru anda. Caranya tidak dapat langsung melalui browser (sepert Firefox atau Google) anda, tapi melalui aplikasi Play Store.

Setelah Play Store terbuka, maka pilihlah BBM dan download.

Setelah proses download selesai, anda diminta untuk memasangnya (install). Anda akan ditanya nama apa yang anda akan pergunakan, alamat e-mail dan password. Password tidak perlu sama dengan password alamat e-mail anda. Setelah BBM terpasang, silahkan buka (open) dan catat PIN BBM di perngkat baru anda. Tinggal invite siapa saya yang akan dijadikan kontak anda.

 

Yang paling gampang adalah invite PIN baru anda dari Group yang ada dalam Blackberry anda.

Saya gunakan Android dan Tablet saya tanpa memasang SIM card dan hanya memanfaatkan wifi yang ada. Jadi jauh lebih hemat daripada menggunakan aplikasi WhatsApp yang harus menggunakan SIM card.

Ini bermanfaat bila anda pergi ke luar negri di mana anda tidak sembarangan boleh membeli SIM Card. Dengan memanfaatkan fasilitas wifi yang banyak tersedia, anda masih dapat berkomunikasi lewat BBM di Android atau Tablet anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s