WP 202 Pancake durian

Bagi penggemar buah durian, maka pancake durian merupakan suatu kelezatan tersendiri. Kebetulan saya beli buah durian Medan ukuran kecil seharga Rp. 50.000. Meski baunya tidak menyengat, tapi rasanya manis sekali.

Berat daging buah yang sudah dilepaskan dari bijinya ada sekitar 4 ons. Setelah dilumatkan dengan garpu, maka disisihkan dalam tempat tertutup agar tidak dihinggapi lalat hijau.

Sekarang saya siapkan kulitnya. Pada tepung terigu gluten sedang sebanyak 2 gelas @ 200 cc saya tambahkan 4 sdm susu bubuk, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam dan 2,5 gelas air dingin. Setelah diaduk, saya tambahkan 1 telur yang sudah dikocok dan 1,5 sdm margarin cair. Aduk lagi sehingga tercampur rata. Penambahan margarin gunanya agar adonan tidak lengket ke wajan ketika dimasak.

Sekarang tinggal memasak kulit pancake. Bila menggunakan wajan pancake berlapis Teflon, agak sukar bagi saya untuk membuat kulit yang tipis sekali.

Oleh karena itu saya gunakan wajan “wonder creper”, yaitu wajan yang lapisan teflonnya ada di sebelah bawah. Setelah dipanaskan dalam keadaan terbalik, maka masih dalam keadaan terbalik, wajan ini dicelupkan sebentar ke dalam adonan kulit yang cair.


Selapis adonan yang lengket kemudian saya panggang di atas api kecil.


Tidak jarang ada gelembung adonan yang pecah, sehingga meninggalkan lubang. Bila dibiarkan dapat menimbulkan kebocoran ketika diisi.

Lubang ini saya tutup dengan sedikit adonan yang saya oleskan dengan kwas kecil.

Kulit pancake yang sudah matang saya kumpulkan dulu, untuk diisi kemudian. Menurut resep-resep yang ada di internet, maka sebelum diisi daging buah durian, kulit pancake harus diolesi whip cream dulu.


Karena whip cream bukan barang murah, maka atas saran istri saya, saya gunakan vla yang biasa saya isi ke dalam kue soes. Tapi kali ini saya bikin yang agak encer. Caranya? Campur 3 sdm maizena, 3 sdm susu bubuk, 3 sdm gula pasir dan ½ sdt garam. Tuangkan 300 cc air ke dalamnya dan aduk. Tambahkan 1 telur yang sudah dikocok, aduk dan masak di atas api sedang sambil diaduk dengan sendok kayu. (Jangan dengan sendok plastik, karena dapat terbentuk zat-zat penyebab kanker!). Setelah masak dapat ditambahkan ½ sdm margarin dan aduk lagi. Biarkan sampai dingin.

Oleskan 1 sdm vla di tengah kulit pancake.

Tambahkan 1 sdm daging durian di tengahnya.

Lipat sehingga berbentuk segi empat, dan bungkus dengan sehelai plastik.

Hasilnya adalah sekitar 20 pancake durian. Semuanya saya kumpulkan dalam wadah tertutup dan dinginkan dalam lemari es sebelum dihidangkan.

Agar awet lebih lama, dapat disimpan dalam freezer.

Tapi seperti makanan buatan saya lainnya, ternyata tidak pernah bisa tahan lama. Soalnya dalam beberapa jam sudah habis disantap.

7 thoughts on “WP 202 Pancake durian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s