WP 203 Es puter tanpa muter

Es puter masih populer di acara-acara resepsi pernikahan. Kalau dulu sih adonannya yang sudah masak harus dimasukkan dalam tabung khusus. Kemudian tabung itu diputar-putar dalam bejana berisi bongkahan-bongkahan es yang diberi garam, supaya suhunya tetap rendah. Sungguh ribet kan?

Tapi waktu aku bertugas di kota kecil di pantai Timur Sumatera Utara aku punya cara sendiri untuk membuatnya dengan cara sederhana. Bahkan banyak ibu-ibu yang pesan pada saya. Tentu saja aku kasi gratis. Masak ya dokter minta bayaran sih? Malu-maluin dong!

Nah baru-baru saja saya teringat untuk membikinnya lagi ketika Ifa, cucu saya, minta dibelikan es krim. Ternyata es krim cukup mahal buat dompet pensiunan. Jadi aku membuatnya lagi sendiri. Mau tau caranya?

Mula-mula pada 6 sdm gula pasir saya tambahkan 2 sdm tepung maizena, 6 sdm susu bubuk instan, 4 sdm bubuk coklat dan 1 sdt garam. Semua ini saya larutkan dalam 800 cc air dan aduk. Setelah disaring saya tambahkan 1 telur ayam yang sudah dikocok, kemudian aduk lagi.

Fungsi tepung maizena adalah agar molekul-molekul air dapat terbungkus supaya bisa terbentuk molekul-molekul air yang halus. Jangan gunakan maizena yang berlebihan bila tidak mau bikin bubur yang beku. Bila mau, gula, susu dan coklat sih boleh ditambah, sesuai dengan selera.

Adonan ini saya masak di atas api sedang sambil mengaduknya dengan sendok kayu sampai masak. (Kenapa hayoo?)

Adonan yang sudah masak saya biarkan dingin, kemudian setelah dipindahkan ke bowl gelas, saya masukkan ke dalam bagian freezer lemari es sampai pinggirnya mulai membeku.

Kemudian bagian pinggirnya saya sisihkan ke bagian tengah supaya adonan dapat membeku secara merata. Kali ini boleh digunakan spatel plastik. Tahu kenapa kan?

Setelah semua beku dapat dihidangkan. Meski tidak sehalus es krim, rasanya seperti es puter yang halus.

Jangan heran kalau Ifa minta lagi, minta lagi.

3 thoughts on “WP 203 Es puter tanpa muter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s