WP 205 Pembuatan bakpia yang disempurnakan

Pembuatan bakpia di post sebelum ini (https://mmamir38.wordpress.com/2015/05/24/wp-204-bakpia-isi-kacang-hijau/) dibuat berdasarkan gabungan sejumlah resep di internet.

Meski hasilnya cukup memuaskan, tapi kulitnya terasa agak keras.

Dengan resep yang sama, kemarin saya membuat perubahan pada proses pembuatan kulit kue.

Sebelum menuju ke pokok persoalan, saya mau menjelaskan mengapa lebih mudah memotong adonan menjadi 24 bagian daripada jadi 20 bagian. Alasannya adalah bahwa memotong 1/8 bagian adonan menjadi 3 bagian, lebih mudah daripada memotong ¼ bagian adonan menjadi 5 bagian. Lihat gambar di bawah.

Untuk menyempurnakan pembuatan bakpia, pembuatan adonan isi, adonan kulit #1 dan adonan kulit #2 tetap seperti sebelumnya. Yang berubah hanya penanganan adonannya.

Bila sebelumnya adonan yang sudah dipotong kecil-kecil diratakan dengan ujung jari saja, sekarang diratakan dengan kayu penggiling, gelas atau botol. Setiap adonan kulit #1 diratakan sehingga berbentuk lingkaran tipis dengan diameter sekitar 8 cm. Baru di atasnya ditaruh bulatan adonan kulit #2 yang saya pipihkan dengan jari.

 

Kemudian pinggir adonan kulit #1 dilipat seperti amplop menutupi adonan kulit #2 dan tipiskan dengan penggiling sehingga tebalnya sekitar 1 mm. Buat lipatan seperti amplop lagi dan tipiskan lagi. Ulangi proses ini sekali lagi. Dengan demikian terbentuk adonan di mana terdapat lapisan-lapisan adonan kulit #1 dan adonan kulit #2 secara selang seling.

Perhatikan bahwa sewaktu menipiskan adonan jangan ditekan terlalu keras, supaya lapisan luarnya tidak robek. Jadi adonan yang sudah ditipiskan tidak perlu lagi dilapisi minyak goreng.

 

Sekarang taruh adonan isi di tengahnya.

Bungkus adonan isi dengan adonan kulit.

Setelah adonan isi terbungkus, buat bulatan yang kemudian ditekan agar menjadi agak pipih.

Tempatkan di atas loyang yang sudah dilapisi margarin dan panggang dalam oven dengan api bawah pada suhu sedang (±180 0 C) selama ¼ jam. Balikkan dan panggang lagi selama ± 5 menit. Angkat dan dinginkan.

 

Pada potongan melintang tampak bahwa kulitnya berlapis-lapis.

5 thoughts on “WP 205 Pembuatan bakpia yang disempurnakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s