WP 206 Apple pie

Karena kebetulan ada apel Fuji sebanyak 600 gram, saya mau coba bikin apple pie. Gitu buka internet banyak sekali yang menyajikan resepnya. Jadi setelah sebagian besar aku baca, aku coba nyusun resep sendiri.

Buat saya, yang penting rasa kecut dan rempah dalam isinya harus menonjol dan kulitnya renyah dan berlapis-lapis.

Oleh karena itu, saya membuat isinya sebagai berikut:

600 gr apel Fuji yang sudah dikupas dan dibuang bagian tengahnya, saya iris tipis-tipis. Kemudian saya tambahkan 2 sdm air jeruk lemon, 125 cc gula pasir, 125 cc palm sugar, 1 sdt bubuk pala, 1 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt garam.

Setelah didiamkan sebentar supaya rempahnya dan air jeruknya nyerap ke dalam irisan apel, saya tambahkan 3 sdm tepung terigu kemudian masak di atas api sedang, hingga cairannya menjadi kental.

Sisihkan dan biarkan dingin dulu.

Untuk kulitnya, di internet banyak yang menganjurkan menggunakan pastry crust yang siap pakai. Ada juga yang memberi cara untuk membikin sendiri, tapi caranya rada ribet. Jadi teringat saya, bawa kulit sejenis itu pernah saya bikin untuk membuat bakpia. Tentu saja jumlahnya harus disesuaikan dengan wadah pyrex dengan diameter 20 cm yang saya punya.

Untuk itu harus disiapkan 2 jenis adonan bahan kulit.

Untuk adonan bahan kulit # 1, saya campur 200 gr terigu, 40 gr gula bubuk, 1 sdt garam dan 50 gr margarin. Setelah itu saya tambahkan 65 cc air dan aduk hingga kalis.

Untuk adonan bahan kulit # 2 saya aduk 105 gr terigu dengan 80 gr margarin.

2/3 adonan kulit saya gunakan sebagai dasar kue sedangkan1/3 sisanya untuk tutup kue.

Dua pertiga adonan bahan kulit # 1 saya tempatkan di dalam kantong plastik yang besar dan transparan, kemudian saya tipiskan dengan kayu penggiling hingga mencapai ketebalan 1 mm. Menggilingnya harus dalam satu arah. Jangan maju-mundur.

Setelah itu 2/3 adonan bahan kulit # 2 saya pipihkan di atas lapisan bahan kulit # 1 yang sudah ditipiskan.

Ke-empat sudut bahan kulit # 1 dilipatkan menutupi adonan bahan kulit # 2.

Dinginkan dalam bagian freezer lemari es barang 10 menit. Setelah itu dengan permukaan atas dan bawahnya dilapisi plastik, tipiskan lagi hingga mencapai ketebalan 1 mm. Lipatkan, dinginkan dan tipiskan 2 sampai 3 kali lagi.

Ambil pyrex bundar. Lapisi permukaan dalamnya dengan margarin dan letakkan adonan yang sudah berkali-kali ditipiskan di atasnya.

Supaya ketika dipanggang permukaannya tidak menggelembung, maka permukaan atasnya dilapisi aluminium foil dan diberi pemberat. Sebagai pemberat saya gunakan batu koral putih yang sudah dicuci dan dikeringkan.

Panggang dalam oven dengan api bawah, hingga adonan kulit tampak mengering. Angkat dan biarkan agar menjadi dingin.

Sementara itu untuk membuat lapisan penutup apple pie, sisa 1/3 bagian adonan kulit # 1 dan # 2 diproses seperti 2/3 adonan kulit sebelumnya.

Tuangkan adonan isi di atasnya dan ratakan permukaannya.

Tutupi dengan sisa 1/3 adonan kulit yang sudah diproses dan dipipihkan. Dengan pisau tajam buatlah beberapa irisan di kulit penutup agar tidak menggelembung ketika dipanggang. Sisinya dirapatkan dengan bantuan garpu.

Panggang lagi dalam oven. Kali ini dengan api atas dengan sekali-kali diputar agar masaknya merata dan olesi permukaannya dengan margarin.

Setelah masak, angkat dan biarkan dingin sebelum diiris untuk menyajikannya.

 

9 thoughts on “WP 206 Apple pie

Leave a Reply

