WP 207 Pembuatan apple pie yang disempurnakan

Di https://mmamir38.wordpress.com/2015/06/08/wp-206-apple-pie/ saya ceritakan tentang apple pie yang untuk pertama kalinya aku bikin.

Rasanya memang cukup enak, tapi ada beberapa hal yang masih harus saya tingkatkan.

Rupanya kulit dasarnya agak keras, mungkin karena aku panggang terlebih dulu dan rasanya terlalu manis, hingga jumlah gulanya harus dikurangi. Selain itu permukaan kuenya tidak mengkilat karena saya lupa mengolesinya dengan kuning telur.

Oleh karena itu aku bikin lagi dengan beberapa penyempurnaan.

Pertama kali buat adonan isi sebagai berikut:

600 gr apel Fuji yang sudah dikupas dan dibuang bagian tengahnya, saya iris tipis-tipis. Kemudian saya tambahkan 2 sdm air jeruk lemon, 60 cc gula pasir, 60 cc palm sugar, 1 sdt bubuk pala, 1 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdt garam. Jadi gulanya saya kurangi lebih dari 50%. Setelah didiamkan sebentar supaya rempahnya dan air jeruknya nyerap ke dalam irisan apel, saya tambahkan 3 sdm tepung terigu kemudian masak di atas api sedang, hingga cairannya menjadi kental. Setelah itu dibiarkan hingga menjadi dingin.

Untuk adonan kulitnya saya tidak ubah, yaitu:

Untuk bahan kulit # 1, saya campur 200 gr terigu, 40 gr gula bubuk, 1 sdt garam dan 50 gr margarin. Setelah itu saya tambahkan 65 cc air dan aduk hingga kalis.

Untuk adonan bahan kulit # 2 saya aduk 105 gr terigu dengan 80 gr margarin.

Adonan bahan kulit # 1 saya tipiskan dengan cara melapisi bagian atas dan bagian bawahnya dengan lembaran plastik kemudian gilas secara merata hingga tebalnya sekitar 1,5 mm. Setelah itu adonan kulit # 2 yang sudah dipipihkan ditaruh di atas adonan kulit # 1. Lipatkan pinggiran adonan kulit # 1 hingga merupai amplop dan menutupi adonan kulit # 2.

Tipiskan lagi dengan penggilasan hingga tebalnya menjadi sekitar 1,5 mm lagi. Lipat lagi sehingga berbentuk amplop dan dinginkan dalam lemari es selama 10 menit.

Ulangi penipisan, pelipatan dan pendinginan sebanyak 2 kali lagi, kemudian tipiskan hingga tebalnya sekitar 1,5 mm.

Dua pertiga adonan kulit saya ratakan di atas wadah pyrex yang sudah dilapisi margarin. Tuangkan adonan isi ke dalamnya dan tutup dengan sisa adonan kulit.

Rapatkan pinggirnya dengan garpu, buat sayatan-sayatan radial di atas kulit penutupnya. Kemudian olesi permukaannya dengan kuning telur yang sudah diencerkan dengan sedikit air.

Panggang dalam oven dengan api yang sedang hingga masak seperti yang tampak dalam foto di bawah ini.

Bila diiris, tampak bahwa kulitnya berlapis-lapis dan isinya padat, tidak cair.

Dan rasanya pun jauh lebih enak.

8 thoughts on “WP 207 Pembuatan apple pie yang disempurnakan

  1. dokter teladan, serba bisa , dan baik hati……terimakasih resepnya….
    waaahhhh saya mau bikin juga accchhhh….

    Reply

Leave a Reply

