WP 301 Gudeg

Karena di grup WhatsApp (WA) saya rame dibahas tentang gudeg, timbul niat saya untuk membuat sendiri. Sebetulnya dulu di Multiply.com pernah saya ceritakan,

Di grup WA banyak yang membahas cara membuat gudeg. Harus gini kek, gak boleh gitu kek, tapi karena saya tau bahwa mereka gak pernah bisa masak, saya cuekin saja. Saya sih ikutin naluri saya sendiri.

Mula-mula nangka mentah seberat 0,5 kilo saya iris-iris dan rebus bersama beberapa butir telur ayam. Setelah mendidih beberapa saat, telur dikupas dan dimasukkan lagi.


Sebagian besar air saya buang, sehingga nangka pas terendam saja.


Ke dalamnya saya masukkan bumbu halus yang sudah ditumis yang terdiri dari10 butir kemiri 15 bawang merah, 15 siung bawang putih dan satu sendok makan ketumbar. Juga saya tambahkan 20 gram gula merah yang sudah diiris-iris dan garam secukupnya.

Selain itu saya tambahkan beberapa lembar daun salam dan daun jeruk purut, beberapa irisan lengkuas dan 2 kotak santan kemasan @ 200 cc.


Saya rebus dengan api kecil sekali sekitar 2 jam, hingga cairannya hampir habis, tapi rebusan tidak gosong. Sebelum disajikan, semua daun salam, lengkuas dan daun jeruk purut dikeluarkan


Karena gudeg belum lengkap bila tidak disertai sambel krecek (kerupuk kulit) saya juga membuatnya.

Untuk itu saya tumis bumbu giling berupa 1,5 sendok makan bawang putih, 1,5 sendok makan bawang merah, 1,5 sendok makan kemiri dan 1 sendok makan cabe merah.


Setelah ditumis, tambahkan ke dalamnya 1 ons kedelai hitam yang sudah direbus hingga lembut, beberapa helai daun salam, beberapa irisan lengkuas dan beberapa butir cabe rawit. Kebetulan di kebun saya belum ada yang merah.


Tambahkan santan kemasan sebanyak 100 cc



Juga saya tambahkan satu kantong besar (kurang lebih 1 liter) krupuk kulit yang sudah digoreng dan sekitar 400 cc air. Sebaiknya krupuk kulit direndam dulu hingga lunak, tapi karena lupa, apa boleh buat.


Rebus hingga cairannya tinggal sedikit dan tambah gula pasir dan garam secukupnya. Keluarkan daun salam dan lengkuas.


Beginilah penampilannya ketika dihidangkan.

Rasa gudeg akan bertambah enak bila disimpan semalam dalam lemati es dan dikukus sebelum dihidangkan.


Silahkan coba sendiri dan anda akan rasakan bahwa membuat gudeg yang lezat tidak memerlukan keahlian dan peralatan yang khusus seperti yang menjadi mitos selama ini.

4 thoughts on “WP 301 Gudeg

Leave a Reply

