WP 212 Cheese sponge cake

Karena dengar ada kawan yang beli sponge cake keju, aku tertarik untuk membikinnya. Di internet aku menemukan resepnya. Sebetulnya melihat komposisi bahannya yang tidak mengandung cairan, saya curiga bahwa hasilnya akan keras. Tapi karena disertai fotonya yang menarik dan keterangan bahwa kue itu empuk sekali, saya coba juga membuatnya. Betul saja, hasilnya mirip bolu.

Oleh karena itu saya coba memperbaikinya.

Bahan A

Saya campur 100 cc susu, 40 gr margarin yang sudah dicairkan dan 75 gr keju Kraft yang sudah diparut

Bahan B

7 Putih telur, 135 gr gula pasir dan ½ sdt cream of tartar saya kocok dengan mixer sampai berbusa.

Bahan C

Masukkan bahan A ke dalam 7 kuning telur dan aduk.

Masukkan bahan C ke dalam bahan B dan aduk sampai tercampur merata

Ayak 100 gr tepung terigu dan 1 sdt baking powder ke dalam campuran bahan B dan C dan aduk sampai tercampur rata.

 

Masukkan adonan yang terbentuk ke dalam loyang khusus sponge cake dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sampai 1700 C selama 35 – 40 menit hingga bila lidi ditusukkan ke dalamnya dapat ditarik dalam keadaan kering.

Dn inilah hasilnya.

Setelah diangkat, dinginkan kue dalam posisi terbalik.

 

Ketika saya membuat lagi, sebelum dipanggang, saya taburi permukaan adonan dengan parutan keju, sehingga hasilnya seperti pada gambar berikut.

3 thoughts on “WP 212 Cheese sponge cake

Leave a Reply

