JADINYA BIKIN LONTONG

Aug 08, 2016

 

Entah kenapa, gara-gara tadi dalam freezer liat ada sayur pepaya pedas, sayur cabe ijo dengan jeroan ayam, kok jadi kepingin makan ketupat.

Tapi kalo bikin ketupat kudu ke pasar beli janur, terus nganyam kulit ketupat, ngisiin beras, baru rebus. Kapan selesainya?

Jadi ku putuskan bikin lontong aja. Rasanya kan ampir sama. Mana daun pisang batu di rumah tinggal metik aja.

Mula-mula sekitar 450 cc beras saya karon.

Setelah dingin aku bungkusin dengan daun pisang batu yang udah dibikin layu.

Setelah semua dibungkus jadinya enam potong

Sekarang tinggal direbus dalam panci presto, bersama beberapa helai daun pandan biar wangi, selama 30 menit setelah mendidih.

Setelah pancinya dingin, buka tutupnya dan angkat lontong yang udah jadi.

Supaya gak basah dan cepat basi, sebaiknya ditiriskan dulu.

Sekarang tinggal santap aja dengan sayur-sayur yang udah dimasak kembali, ditambah opor ayam dan bumbu kacang kedele.

Rasanya kayak Lebaran lagi deh.

Kalo mau, kapan-kapan aku ceritain caranya ngayam kulit ketupat. Gak susah kok. Saya aja bisa!

One thought on “JADINYA BIKIN LONTONG

  1. eyangg assalamualaikum, wa nya kok g bs saya kontak ya, hp saya nginep di sony eyang, nunggu beberapa bulan lagi, nunggu spare part asli dtg

    eyang resep idul adha apa eyang? hehehe , makasih tips lontongnya

    Reply

Leave a Reply

