WP 214 Poffertjes Dengan Bentuk Aslinya

 

 

Selama ini saya anggap bahwa poffertjes merupakan kue berbentuk bulat sebesar bola ping pong yang disajikan dengan es krim.

Soalnya begitulah cara penyajian perusahaan-perusahaan catering ternama di pesta-pesta perkawinan yang mewah.

Beberapa hari lalu iseng-iseng saya browsing cari resepnya. Ternyata di negara asalnya, yaitu Belanda, poffertjes berbentuk pancake kecil dan disajikan dengan ditaburi bubuk gula dan disantap dengan mentega (room boter).

Jadi memanggangnya tak seribet bila berbentuk bola.

Untuk membuatnya saya beli wajan kue berlubang 12 yang dasar lubangnya datar dan setiap lubang berdiameter 6 cm. Jaman sekarang sih cukup beli on-line, gak perlu keluar rumah.

Jadi tadi sore saya coba membuatnya.

Karena di internet terdapat bermacam resep poffertjes yang katanya original, maka dapat disimpulkan, resep apapun bisa dinyatakan original. Ada yang pake yeast, ada yang pake baking powder. Perbandingan bahan-bahan lainnya juga gak sama.

Semula saya mau coba yang pake yeast, tapi karena pas gak ada dalam persediaan, saya gunakan resep yang pernah saya muat di https://mmamir38.wordpress.com/2013/02/08/wp-32-resep-poffertjes-yang-sudah-saya-sempurnakan/.

Mula-mula saya campur 1 gelas belimbing (270 cc) tepung terigu, 1 sdt double acting baking powder, 1 sdt garam, 1¼  sdm gula pasir dan 1¼  gelas susu cair. Kemudian saya tambahkan 2 telur dsan kocok.

 

 

Setelah itu saya kocok ke dalamnya 2 sdm margarin cair. Adonan yang siap dipanggang saya masukkan ke dalam decanter supaya mudah menuangkan ke dalam wajan kue.

 

Setelah wajan kue saya cuci, saya panaskan di atas api sedang. Karena permukaannya anti lengket, saya tidak olesi dengan margarin lagi tapi langsung tuangkan adonannya setinggi ½ lubang (1 cm).

 

 

Tunggu sampai tampak timbul gelembung-gelembung udara.

 

 

Kemudian wajan tutup hingga permukaan kue tampak kering.

 

Balikkan kue yang permukaannya sudah kering dengan tusuk sate dan biarkan beberapa saat sebelum diangkat (juga dengan tusuk sate) untuk disajikan.

 

 

Kue poffertjes yang sudah diangkat saya taburi gula bubuk pada permukaan atasnya.

Karena saya masih ada sedikit room boter merk Wijsman, maka secolek roomboter saya sajikan bersama kue poffertjes, persis seperti di negara asalnya. Tak lupa saya tambahkan secangkir besar kopi luwak kesukaan ku.

 

2 thoughts on “WP 214 Poffertjes Dengan Bentuk Aslinya

Leave a Reply

