WP 104 – Klappertaart panggang yang top!

Kemarin saya coba membuat klappertaart dengan resep yang saya kutip dari http://resepmasakanmu.com/resep-makanan-klappertaart-klasik.htm. Kue yang dihasilkan memiliki bentuk yang bagus, dalam arti kata bahwa permukaan atasnya tidak ambles. Sayang  rasa maizeina yang sangat mencolok kurang berkenan di lidah saya.

Oleh karena itu kali ini saya tetap menggunakan resep saya sendiri, tapi mengikuti prosedur pembuatan yang disarankan, meski dengan sedikit modifikasi. Karena yang ada di rumah hanya saya sendiri, maka saya buat setengah resep saja.

Tepung terigu sebanyak 50 gr saya larutkan dalam 100 cc susu kemudian dikocok dengan 2 butir telur (seharusnya sih 1,5 saja).

1

Selanjutnya150 cc susu saya rebus dengan 1,5 sdm margarin dan 75 gr gula.

2

Setelah mendidih, saya kecilkan apinya dan tambahkan larutan terigu tadi. Saya aduk hingga kekentalannya menyerupai bubur encer dan segera angkat. Jangan tunggu sampai mendidih lagi!

3

Setelah itu saya tambahkan daging satu kelapa muda yang sudah dikerok dan aduk hingga tercampur secara merata.

4

Kemudian adonannya saya masukkan ke dalam wadah yang sudah diolesi margarin.

5

Karena kekentalannnya seperti bubur encer, maka permukaannya dengan sendirinya menjadi rata.

6

Saya panggang dengan api bawah selama 30 menit, hingga pinggirnya berwarna kecoklatan. Setelah itu aku panggang dengan api atas selama 10 menit.

7

Hasilnya? Bentuknya cantik karena permukaannya tidak ambles.

8

Dan rasanya luar biasa enaknya.

WP 103 – Nyoba Bikin Klappertaart Dengan Resep Laen

Masalah yang selama ini saya hadapi kalo aku bikin klappertaart, apa itu yang dipanggang, atawa yang dikukus, adalah bahwa setelah masak, bagian tengahnya ambles. Saya udah nyoba dengan nambahin baking powder, tapi masalahnya kagak hilang.

Kebetulan di http://resepmasakanmu.com/resep-makanan-klappertaart-klasik.htm aku nemuin cara laen buat bikin klappertaart.

Jadi saya coba menirunya, tapi kagak semua aturan saya ikuti. Seperti merebus daging kelapa muda terlebih dahulu kagak aku lakukan, karena alasan akan berlendir kagak masuk akal. Kan nanti dimasak juga.

Mula-mula saya larutkan 50 gr maizena (bukan 75 gr) dan 50 gr tepung terigu (bukan 25 gr) dengan 200 cc susu. Kemudian saya tambah 3 butir telor (bukan kuning telor doang) dan kocok. Penambahan telor ini juga mendahului urutan yang diarahkan dalam resep tadi.

1

Selanjutnya saya rebus 300 cc susu dengan 150 gr gula pasir dan 3 sdm margarin (bukan 75 gr). Sengaja saya kagak tambah garam, karena margarin yang saya gunakan udah asin.  Setelah itu saya tambahin tepung dan telor yang udah dilarutkan dalam susu hingga mendidih, karena dalam petunjuk resepnya adalah hingga meletup-letup. Tentu saja sambil diaduk dan apinya dikecilin supaya kagak gosong. Hasilnya adalah bahwa adonan menjadi seperti bubur yang sangat kental.

2

Setelah diangkat dari api, saya masukin daging kelapa muda yang dikerok dari 2 kelapa. Saya kagak tambahkan kismis, karena kagak ada dalam persediaan.

3

Kemudian saya tuangkan ke dalam dua wadah, di mana salah satu saya taburi bubuk kayumanis. Karena kental sekali, permukaannya terpaksa aku ratain terlebih dulu. Sebetulnya adonan ini cukup untuk dimuat dalam satu wadah doang, tapi karena anak saya suka kayumanis, sedangkan istri saya kagak, maka terpaksa aku bagi dua. Kedua wadah ini kemudian dipanggang dalam oven bersuhu 160o C selama 40 menit. Sebelonnya loyang di bawah kedua wadah diberi aer sesuai petunjuk resep.

4

Karena permukaannya masih pucat, maka saya panggang lagi dengan api atas selama 10 menit, sambil diubah-ubah posisinya agar kagak gosong sebelah.

Hasilnya seperti foto di bawah. Bentuknya bagus sekali karena bagian tengahnya kagak ambles. Rasanya? Rada aneh, karena rasa maizeinanya sangat mencolok, padahal jumlahnya udah saya kurangi.

5

Kesimpulannya adalah bahwa dengan resep ini bentuk akhirnya bagus sekali, tapi rasanya kagak sesuai dengan selera saya.

Tapi eksperimen ini ngebawa hikmah bahwa nantinya aku bisa bikin klappertaart yang ngetop. Tunggu aja di cerita berikut. Sabar ya!